Friday, March 22, 2013

Wawancara Bela Negara



WAWANCARA
PEMBELAAN NEGARA

Beberapa hari yang lalu, kami melakukan wawancara dengan beberapa orang mengenai bentuk bela negara yang mereka lakukan terhadap Tanah Air ini pada saat ini, berikut adalah hasilnya.

1.       Anggota TNI
IMG_2322.JPGNama                    : Gozali Bustaman
Pekerjaan           : TNI AD ’88 – sekarang, Karamil dan Sukatani
Bentuk bela negara yang beliau lakukan adalah dengan melakukan pengamanan, seperti pengamanan objek-objek vital (gedung pemerintahan) dan huru-hara/kerusuhan, mengikuti latihan-latihan kemiliteran. Beliau bahkan pernah mengikuti operasi militer di Aceh.
Rasa cinta beliau terhadap Tanah Air sangat tidak terbatas, apalagi sebagai TNI, rasa cintanya bahkan sampai titik darah penghabisan.
Beliau mengaku tidak ada kesulitan dalam melaksanakan tugasnya itu karena bagaimana pun, itu sudah merupakan profesinya. Tugas seberat apapun akan tetap beliau jalankan dengan sepenuh hati.


2.       Anggota POLRI
Nama                    : Harry Puryanto dan Reynando Hutapea (Sky Diver)
Pekerjaan           : POLRI (Bogor)
IMG_2704.JPGBentuk bela negara yang mereka lakukan adalah sebagai pelindung dan pengayom khususnya dalam keamanan masyarakat, seperti menangani unjuk rasa atau demo, dsb. Pak Reynando mengatakan bahwa membela negara sebagai POLRI berarti bekerja dengan baik, tidak mengenal waktu, dan melakukan apapun tugasnya dengan sebaik mungkin.
Pak Harry mengatakan bahwa 99% dari rasa cintanya yang begitu besar, diperuntukkan kepada Tanah Air Indonesia ini. Sedangkan menurut Pak Reynando, cinta pada Tanah Air sama besarnya dengan mencintai dirinya sendiri, negaranya dan keluarganya. Sebagai POLRI, mereka mengaku bahwa memang ada kesulitan seperti dalam koordinasi masyarakat dan letak geografis, baik taktis maupun teknis. Namun, mereka tetap melakukan tugasnya dengan maksimal.

3.       Pejabat/Pemerintah Daerah/PNS
Nama                    : Sri Apriyanti
IMG_2283.JPGPekerjaan           : PNS Kabupaten Bekasi (Dinas Tata Ruang)
Beliau mengatakan bahwa membela negara yang dilakukannya adalah dengan bekerja sebaik mungkin, tidak mengkorupsi waktu. Sebagai PNS, beliau melakukan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkannya, khususnya mengenai tata ruang.
Kesulitan dalam pekerjaannya sebagai PNS, tidaklah sebanding dengan rasa cinta beliau terhadap Tanah Air ini yang begitu besar, tak ternilai bahkan tak terhitung.
4.       Pemuka Masyarakat
Nama                    : Yayad Ahmad Hidayat
Pekerjaan           : Ketua RT 01 / RW 10
IMG_2243.JPGBeliau melakukan bela negaranya dengan melakukan pengabdian terhadap masyarakat seperti melayani masyarakat yang membutuhkan, membantu dan melayani warganya yang memiliki keluhan-keluhan atau gangguan-gangguan yang terjadi di lingkungannya. Beliau mengaku mencintai Tanah Air ini sepenuhnya, contoh nyatanya adalah dengan penggunaan produk-produk Indonesia oleh beliau.





5.       Tokoh Agama
IMG_2642.JPGNama                    : Hj. Bani Surya
Pekerjaan           : Uztad (penceramah) + Wiraswasta
Bela negara yang dilakukan beliau adalah dengan memberikan ceramah-ceramah di masjid, mendatangi setiap rumah di lingkungannya dan mengajaknya ke masjid (bagi yang muslim) karena menurut beliau orang-orang muslim haruslah datang ke masjid untuk sembahyang dan menjaga nilai keagamaan orang-orang muslim. Sebagai warga juga, beliau mengatakan bahwa kita harus menjaga ketertiban dengan mengikuti peraturan-peraturan yang ada, baik dalam beragama dan bernegara yang diawali dari diri kita sendiri.
Beliau menceritakan mengenai kehidupannya di Amerika Serikat, namun semuanya itu tidaklah senyaman dan sebaik tinggal di Indonesia. Beliau mengatakan bahwa kecintaan terhadap negara memerlukan pengorbanan, maka dari itu beliau sangat mencintai negara Indonesia kita ini.

6.       Mahasiswa
Nama                    : Lidia Siahaan
Pekerjaan           : Mahasiswi + Guru
IMG_2862.JPGBeliau mengatakan bahwa bangsa ini membutuhkan orang yang berpikir dapat melakukan yang terbaik melalui pendidikan pada bangsa dan negara, maka dari itu beliau memilih untuk mengambil S2 untuk mempersiapkan generasi bangsa ini agar bebas dari kebodohan, intimidasi dan ketertinggalan sebagai bentuk bela negaranya. Beliau menginginkan generasi ini mengambil tongkat estafet yang dapat menjadi garam dan terang.
Rasa cinta beliau terhadap Tanah Air ini tidak dapat diukur, namun dapat dirasakan. Beliau yakin bahwa dirinya dilahirkan di dunia ini untuk memberkati bangsa ini. Beliau mengaku bahwa ada kesulitan dalam melakukan tugasnya itu, yaitu dengan semakin banyak belajar maka semakin banyak ilmu yang tidak beliau kuasai.



7.       Pelajar
Nama                    : Michelle Ariestha
Pekerjaan           : Pelajar (SMA)
IMG_2718.JPGBeliau mengatakan bahwa membela negara sebagai pelajar adalah terutama dengan rajin belajar, mendalami pengetahuan mengenai negara kita Indonesia ini. Sebagai pelajar kita juga harus hafal Pancasila dan setidaknya Pembukaan UUD 1945 sebagai wujud cinta tanah air kita. Sebagai pelajar juga, beliau mengikuti organisasi-organisasi sekolah yang dapat membangun rasa nasionalisme seperti OSIS atau pramuka.
Beliau mengatakan bahwa ia mencintai Indonesia ini dengan sepenuh hati karena ia yakin Tuhan telah menempatkannya disini, jadi harus cinta pada Tanah Air. Kesulitannya dalam melakukan tugasnya tidaklah menghambat rasa cinta terhadap Indonesia.

8.       Karyawan Swasta
IMG_2415.JPGNama                    : Yuni Wastami
Pekerjaan           : Karyawan Swasta (General Assistant – PT. Hyuk Jin)
Bela negara yang beliau lakukan sebagai seorang karyawan swasta adalah dengan melakukan pekerjaannya sesuai dengan aturan dengan porsinya/usianya masing-masing, juga bekerja dengan sungguh-sungguh. Beliau juga mengatakan bahwa seorang karyawan memerlukan balance/keseimbangan antara pekerjaan dengan hubungannya dengan masyarakat.
Beliau mengatakan bahwa rasa cinta terhadap tanah air itu relatif, namun sebagai warga negara Indonesia, beliau mencintai Indonesia dengan sepenuh hati. Kesulitan dalam melakukan apa saja pasti ada, terutama sebagai karyawan swasta seperti menjaga keseimbangan antara pekerjaan dengan masyarakat itu.

9.       Veteran

10.   Salah Satu Masyarakat
P5051348.JPGNama                    : Frans Kusman
Pekerjaan           : Karyawan Swasta
Sebagai warga negara Indonesia, bela negara yang beliau lakukan adalah dengan mengikuti peraturan-peraturan yang berlaku, seperti aturan yang baru-baru ini diberlakukan yaitu e-KTP, juga peraturan dalam berlalu lintas serta membayar pajak, supaya pemerintahan ini dapat berjalan dengan lancar. Beliau mengatakan bahwa ia telah mencintai Tanah Air Indonesia sejak beliau dilahirkan sehingga sangat besar lah rasa cintanya terhadap Indonesia ini. Beliau merealisasikan rasa cintanya dengan menggunakan batik sebagai warisan dari kebudayaan Indonesia.
Menurut beliau, tidak akan ada kesulitan dalam melakukan tugasnya sebagai warga negara jika kita menuruti peraturan yang ada sehingga semuanya dapat berjalan dengan lancar.

No comments:

Post a Comment