Friday, March 22, 2013

Perilaku yang Mengancam Pertahanan dan Keamanan Negara RI

PERILAKU YANG MENGANCAM PERTAHANAN DAN KEAMANAN NEGARA RI

Perilaku yang dapat mengancam pertahanan dan keamanan Negara RI disebut juga peyimpangan. Penyimpangan identik dengan ketidaktaatan dan ketidaksetiaan dalam melakukan sesuatu hal. Penyimpangan bukan hanya dilakukan oleh para remaja, akan tetapi dilakukan pula oleh orang-orang dewasa. Orang yang melakukan penyimpangan haruslah diberi hukuman karena perilaku-perilaku tersebut dapat mengakibatkan hancurnya Negara kita.
Apakah kalian mau Negara kita ini hancur akibat ulah-ulah manusia yang tak bertanggung jawab? Dan kita juga sudah tau Negara kita ini sudah dijajah oleh bangsa-bangsa lain dengan waktu yang sangat lama. Kehancuran Negara sama saja kita masih dijajah oleh Negara lain.
Dan inilah perilaku-perilaku yang dapat mengancam pertahanan dan keamanan Negara,yaitu:

1.      KORUPSI
http://bimg.antaranews.com/bengkulu/2011/12/ori/20111227korupsi1.jpgSekarang di Indonesia dijuluki Negara tempat tinggalnya para koruptor. Apakah kalian sedih mendengar hal tersebut atau mungkin kalian marah dengan pernyataan tersebut??? Pasti kita merasa sedih, kecewa dan mungkin juga kalian merasa marah karena tersinggung dengan pernyataan tersebut.
Namun pada kenyataannya memanglah benar bahwa Negara kita ini adalah tempat tinggal bagi para koruptor. Kita pun tidak bisa memungkiri pernyataan tersebut. Korupsi adalah hal yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang Indonesia.
Pengertian korupsi itu sendiri pun ialah dari bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok.
Secara harfiah, korupsi adalah perilaku pejabat publik, baik politikus/politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka.
Ø  Contoh orang-orang yang melakukan korupsi:
1.      Angelina  Sondakh
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/6/6d/Angelina_sondakh.jpg/220px-Angelina_sondakh.jpgSiapa sih yang tidak kenal Angelina Sondakh???? Atau orang yang sering dipanggil Angie ini?? Saya rasa banyak orang di Indonesia ,bahkan semuanya mungkin tau bahwa Angelina Sondakh adalah orang yang terpilih menjadi pemenang dalam kontes kecantikan Puteri Indonesia 2001 dan ia juga merupakan artis dan seorang politisi Indonesia.

Wah,wah…. ternyata orang yang sekalipun  cantik di luarnya, ternyata tidak sedemikian juga cantik dalamnya!!!! Angelina Sondakh menjadi tersangka kasus korupsi dan suap terkait pembahasan anggaran proyek Wisma Atlet Palembang
Selanjutnya, ia terjun ke dunia politik dan terpilih sebagai Anggota DPR Republik Indonesia periode 2004–2009 dan 2009–2014 dari Partai Demokrat. Pada tahun 2012, ia menjadi tersangka kasus suap wisma atlet SEA Games yang melibatkan sejumlah politikus Indonesia lainnya.

Enggak nyangka ya ??? Cantik-cantik dan sudah terkenal di Indonesia bisa melakukan pekerjaan kotor seperti korupsi. Jadi,pelajaran yang berharga yang mau saya sampaikan ialah cantik di luar belum tentu cantik dalamnya.

2.      RESIKO KORUPSI UANG BINIKorupsi bukan hanya dilakukan oleh para politikus saja atau pejabat-pejabat tinggi ,tapi dilakukan juga oleh orang yang tidak menjabat sebagai seorang politikus (rakyat-rakyat kecil/orang desa).

Contohnya : Sandi yang tinggal di Desa Sekar Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro. Mungkin menurut pandangan pikiran kalian bahwa orang- orang kecil tidaklah mungkin melakukan korupsi ,tapi hal itu tidaklah benar.

Korupsi yang dilakukan Sandi ialah korupsi uang istri. Menurut kalian, lebih enak korupsi uang Negara atau korupsi uang istri???? Mungkin kalian berpendapat bahwa korupsi uang istri lebih mudah untuk menanggung resikonya dibandingkan korupsi uang Negara.

Pendapat itu ialah salah,malah kebalikannya. Lebih susah resiko korupsi uang Istri (korupsi dalam rumah tangga) seperti hal yang terjadi oleh Samin. Samin mau dibunuh oleh istrinya sendiri menggunakan pedang Sokanyana warisan leluhur. Hal itu dilakukan istrinya karena istrinya bertanya –tanya berulang kali kemana uang Rp 3,5 juta yang istrinya kasih. Dan Samin malah terus-menerus menutupi hal tersebut (ia tidak mau menjawab dengan benar pertanyaan yang diajukan dari istrinya).

Dan Sandi pun pura-pura berlagak tidur untuk menghindari pertanyaan tersebut , langsung saja pedang itu diayunkan . Sandi berteriak, dalam kondisi terluka dia kabur menyelamatkan diri. Tetangga yang kasihan segera melarikannya ke RSU Sosodoro Jatikusuma. Sedangkan Tasminah segera dicomot polisi untuk mempertanggungjawabkan kesadisannya. “Bagaimana saya nggak emosi, ditanya kemana saja uang Rp 3,5 juta itu, malah mbulet terus.” ujar Tasminah di depan polisi.

Korupsi bagaikan kuman yang harus dibasmi secara langsung dan cepat . Karena kalau tidak akan menyebabkan kuman itu pergi kabur dan ia menjalar ke tempat-tempat lain. Jadi,kalau sudah ketauan ada kuman mesti harus dibunuh.

Para koruptor bila di Cina , jika ketauan korupsi ia akanlah ditembak mati. Hal itu patutlah kita tiru ,agar orang-orang Indonesia tidak ada yang mau menjadi seorang koruptor. Karena takut dengan resiko yang harus mereka terima.

2.      Tawuran
TawuranTawuran merupakan suatu kegiatan perkelahian atau tindak kekerasan yang dilakukan oleh sekelompok atau suatu rumpun masyarakat.
Di Indonesia sendiri tawuran telah menjadi tradisi, atau bahkan budaya. Prilaku menyimpang ini biasanya diakbatkan oleh masalah sepele atau bisa saja disebabka oleh hal-hal serius yang menjurus pada tindakan bentrok.
Tawuran sering terjadi dikalangan, pelajar, mahasiswa dan warga desa. Maka tak heran jika kita sering menjumpai aksi perkelahian masal ini di jalan, khususnya diwilayah ibukota.
Contoh tawuran antar kampung ini terjadi di Sumatera Barat ,Solok Selatan yaitu warga kampung Bidar Alam  dengan warga kampung di Lubuk Malako . Tawuran ini mengakibatkan belasan rumah menjadi rusak.
Entah maksud dari para pelaku tawuran tersebut. Yang jelas aksi negatif ini banyak sekali menimbulkan kerugian, yakni seperti mengganggu ketertiban, dan keamanan umum. Bahkan dari aksi tawuran ini tak sedikit banyak korban luka hingga korban tewas yang berjatuhan.  Kasihan bukan, orang yang tak ikut aksi tawuran mereka harus ikut menjadi salah satu korban dari hal tersebut.
Contoh akibat yang ditimbulkan oleh tawuran antarpelajar:
http://cdn.untukbangsa.com/wp-content/uploads/2012/09/deny-januar.jpgDeny Januar, Siswa SMA Yayasan Karya harus kehilangan nyawanya karena peristiwa tawuran.
Tawuran itu menyebabkan kerugian yang sangat besar dalam hidup kita yaitu: “HILANG NYAWA KITA”.
Tawuran sudah hampir setiap hari tersiar dalam acara televisi ,koran ataupun media elektronik dan media surat kabar.
Sudah cukup,bukan?? Negara kita disebut sebagai Negara tempat tinggalnya para koruptor. Jangan ditambah-tambahkan lagi!!!! Karena hal itu bukan hanya memalukan sekolah itu saja ,melainkan merusak citra Bangsa Indonesia juga.
Kita sebagai penerus bangsa haruslah mempunyai mental yang penuh tanggung jawab dan haruslah menyikapi berbagai situasi dengan bijaksana. Tawuran ialah dikarenakan masalah-masalah sepele,untuk itu masalah-masalah sepele janganlah dibuat menjadi besar.
Dan di Indonesia sering kali terjadi tawuran ,padahal dalam UUD 1945 berbunyi pada Sila ke-3 “PERSATUAN INDONESIA” . Jadi,haruslah kita bersatu dengan yang lain. Negara kita bisa merdeka pun dikarenakan karena adanya semangat juang yang tinggi dan persatuan yang kokoh dalam melawan semua musuh-musuh.
Jangan sia-siakan usaha para pahlawan dalam memerdekakan Negara Indonesia dari jajahan negar-negara asing!!! Mereka sudah merelekan nyawanya untuk bangsa kita tercinta. Kita tidak bisa hidup yang enak seperti ini ,apabila para pahlawan tak berjuang dengan keras.
Dan yang bisa kita berikan terhadap para pahlawan atas jasa-jasanya ialah rajin belajar, bersikap sopan santun, dean juga tidak melakukan perbuatan yang tidak baik seperti tawuran.

3.      Hak Asasi Manusia (HAM)
rmhnn.jpgSebagaimana dinyatakan dalam Undang-undang No 3 Tahun2002 tentang Pertahanan Negara, salah satu tujuan pertahanan adalah melindungi keselamatan bangsa. Hal ini harus dimaknai sebagai perlindungan terhadap individu maupun kelompok masyarakat yang secara politik terikat dalam negara Indonesia. Kebijakan dan instrumen untuk melindungi keselamatan bangsa tergantung dari bentuk ancaman. Keselamatan bangsa yang terancam oleh wabah penyakit tidak dapat dilindungi dengan kekuatan militer. Kekuatan militer hanya dibutuhkan ketika kebijakan negara untuk mengatasi wabah penyakit tersebut memerlukan langkah koersif, misalnya untuk mengontrol gerakan orang yang terkena wabah untuk membatasi penyebaran penyakit.
Sementara itu hak asasi manusia (HAM) adalah hak yang melekat pada manusia sebagai makluk Tuhan, sebagai individu,terlepas dari keberadaannya baik secara fisik, sosial, ekonomi, dan budaya. Bahkan, terdapat hak yang tidak pernah dilepaskan oleh manusia ketika mereka menyepakati untuk menyerahkan sebagian aspek dari hak tersebut ke entitas yang lebih tinggi.
Hak ini merupakan hak yang terus melekat pada manusia yang tidak hilang dalam keadaan apa pun. Inilah yang disebut non-derogable rights, misalnya hak untuk bebas dari ancaman kematian, penyiksaan, dan sebagainya. Hak ini universal terlepas dari perbedaan sistem sosial-politik, hukum, dan budaya.
Hubungan antara hak azasi manusia dan pertahanan negara mengandung paling tidak tiga aspek:
a.      Seberapa jauh kepentingan pertahanan negara bertabrakan dengan hak warga negara untuk mempertahankan kebebasan
b.      Seberapa jauh pertahanan negara melindungi HAMsebagaimana dirumuskan dalam konsep “Responsibilityto Protect”?
c.       Hubungan HAM dengan besaran pengeluaran belanjanegara untuk pertahanan
Kasus pelanggaran HAM ini dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu :
a. Kasus pelanggaran HAM yang bersifat berat, meliputi :
  • wf.jpgPembunuhan masal (genisida)
  • Pembunuhan sewenang-wenang atau di luar putusan pengadilan
  • Penyiksaan
  • Penghilangan orang secara paksa
  • Perbudakan atau diskriminasi yang dilakukan secara sistematis

b. Kasus pelanggaran HAM yang biasa, meliputi :
  • Pemukulan
  • Penganiayaan
  • Pencemaran nama baik
  • Menghalangi orang untuk mengekspresikan pendapatnya
  • Menghilangkan nyawa orang lain
HAM merupakan hak asasi manusia yang dimiliki oleh setiap umat manusia sejak lahir di dunia. Semua umat manusia terlahir dengan hak yang sama. Maka dari itu, berikut merupakan beberapa Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia.
Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia :
·         Peristiwa Tanjung Priok
Pelanggaran terjadi pada tahun 1984 dan memakan 74 korban. Peristiwa ini terjadi akibar serangan terhadap massa yang berunjuk rasa.
·         Penculikan Aktifis 1998
Kasus yang terjadi pada tahun 1984-1998 ini mengakibarkan 23 korban dan terjadinya peristiwa penghilangan secara paksa oleh Militer terhadap para aktifis Pro-Demokrasi
·         Kasus 27 Juli
Terjadi pada tahun 1996 dan memakan 1.678 korba. Peristiwa ini terjadi akibat Penyerbuan kantor PDI.
·         images.jpgPenembakan Mahasiswa Trisakti
Kasus yang terjadi pada tahun 1998 ini mengakibatkan 31 korban. Peristiwa yang terjadi akibat Penembakan aparat terhadap mahasiswa yang sedang berunjuk rasa.
·         Kerusuhan Timor-Timur Pasca Jajak Pendapat
Peristiwa yang terjadi tahun 1999 ini terjadi akibat Agresi Militer dan memakan 97 Korban.
·         Peristiwa Abepura, Papua
Peristiwa ini memakan 63 korban dan terjadi pada tahun 2000 dan terjadi akibat penyisiran membabi buta terhadap pelaku yang diduga menyerang Mapolsek Abepura.
4. Narkoba

jy,m.jpgPenyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba dengan berbagai implementasi dan dampak negatifnya merupakan suatu masalah Nasional maupun Internasional yang sangat komplek yang dapat merusak dan ,mengancam kehidupan masyarakat, bangsa, negara serta dapat lemahkan Ketahanan Nasional dan hambat jalannya pembangunan. Penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba merupakan bahaya yang berdampak buruk terhadap penggunanya, rusak kesehatan, mental bahkan berakibat kematian sehingga harus ditangani secara dini dengan melibatkan seluruh potensi masyarakat yang ada, baik oleh pemerintah, masyarakat dan pihak terkait lainnya. Demikian disampaikan I Gusti Made Sudana, Polisi Kota Besar Denpasar.
Selanjutnya dalam upaya pemberantasannya Pemerintah termasuk POLRI telah menaruh perhatian yang serius terhadap upaya penanggulangan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba. Hal ini dapat dilihat dari semakin aktifnya POLRI melaksanakan operasi penanggulangan baik dalam kegiatan Opstin maupun Opsus.

POLRI sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat dan aparat penegak hukum sangat berkewajiban dalam usaha pencegahan dan penanggulangan masalah penyalahgunaan narkoba demi tercapainya ketahanan dan keamanan bangsa dalam tercapainya tujuan Nasional.
jgv.jpg
Disampaikan juga ciri khusus kejahatan narkoba yakni ; Kejahatan Internasional yang terorganisir, didukung dana sindikat, pelaku gunakan sel/terputus, ala mafia, memanfaatkan kemajuan teknologi, kejahatan tanopa korban. Dan modus-modus penyelundupan narkoba yakni ; Bandara Internasional, pelabuhan laut, paket pos/jasa cargo, ditelan, disimpan dalam jaritan tas, dimasukkan dalam hak sepatu, dimasukan dalam kaki palsu dan dimadukan dalam patung
5.Rasisme
xh.jpgDi dunia,di negara manapun selalu ada sikap-sikap rasialis yang ditunjukkan oleh sekelompok orang atau golongan kepada golongan tertentu yang mereka tidak suka. Dari semua kajian tentang rasialisme,terdapat satu kesamaan pandangan dalam hal latar belakang kenapa sikap rasialis itu terjadi,yaitu sikap iri hati…! Rasa iri hati ini sebenarnya menjadi latar belakang timbulnya sikap rasialis yang kemudian dibungkus dengan hal-hal yang berhubungan dengan SARA.
Di Indonesia,sikap iri hati yang ditunjukkan oleh para pedagang non Cina terhadap pedagang-2 Cina yang menikmati fasilitas dari pemerintahan penjajah sampai zaman Orba mendorong sekelompok golongan tertentu bermanuver untuk berusaha membatasi gerak langkah politik orang-2 Tionghoa dan mempersoalkan kesukuan mereka yang bukan “asli” penduduk Indonesia (Padahal dari sejarah Indonesia,mana ada suku asli Indonesia? Semuanya juga asalnya merupakan imigran dari daerah-2 Cina Selatan,dab) . Manuver tersebut kemudian dibungkus dengan persatuan kesamaan agama tertentu yang memang tidak dianut oleh mayoritas orang Cina di Indonesia.
Usaha politis anti Cina sampai sekarang masih saja berlangsung di berbagai tempat,apakah itu di sebuah perusahaan ataukah di pemerintahan. Terakhir kali adalah isu yang menyerang Cawagub DKI Jakarta yang memang keturunan Cina dan dikenal luas sebagai Ahok. Broadcast blackberry messenger atau sms yang ditujukan ke golongan dan agama tertentu telah menyudutkan ke-Cina-an cawagub tersebut. Justru yang aneh adalah bila itu terjadi di perusahaan yang pemiliknya orang Cina,tetapi kemudian terjadi “salah rekrut” sebab yang didudukkan diatas adalah orang “asli” Indonesia yang kemudian merekrut orang-orang nya sendiri dengan kesukuan dianggap “asli” Indonesia tersebut. Jadi wajah perusahaan “berubah” menjadi terlihat rasis,karena ternyata menggusur orang-orang keturunan Cina-nya dan meniadakan rekrutmen dari keturunan Cina…aneh bukan? Sikap ini lahir karena rasa iri hati dan keinginan menguasai dan meniadakan kesempatan keturunan Cina di organisasinya.
hklm.jpgBahaya besar bila sikap rasisme karena lahir dari sebuah sikap iri hati,sebab dengan alasan yang kadang rasional bisa saja terjadi penggeseran kaum minoritas yang mempunyai kegigihan dan loyalitas dalam bekerja katimbang jiwa yang suka “menjual diri” . Bangsa Indonesia mempunyai sejarah panjang kenapa dijajah begitu lama oleh penjajah Belanda,yaitu salah satunya karena sikap iri hati yang kemudian “ditangkap” oleh Belanda sebagai kesempatan untuk melakukan politik “devide et empera” atau politik adu domba. Mereka yang mempunyai sikap iri hati biasanya mempunyai jiwa “pengkhianat” yang menjual negaranya untuk Penjajah. Di zaman modern ini sikap iri hati inilah yang melandasi sikap-2 rasisme bangsa ini. Umumnya orang-2 ini tidak mempunyai loyalitas dan integritas.
Oleh karena itu semua elemen bangsa ini harus melawan sikap rasisme dan bergandengan tangan untuk mengenyahkan orang-orang ini dari muka bumi Indonesia,sebab orang-orang ini berbahaya bagi kesatuan negara Republik Indonesia.
6. Agresi dan Terorisme
dnh.jpgAksi terorisme dalam bentuk ancaman bom dengan sasaran berbagai obyek vital di Jakarta hingga sekarang masih menjadi ancaman aktual. Perbuatan para teroris itu dapat memengaruhi kegiatan dan meresahkan masyarakat serta dapat mengganggu keamanan, dan pada akhirnya menurunkan stabilitas nasional. Munculnya berbagai bentuk kerawanan pasti ada, misalnya saja ada teror atau ancaman bom. Aksi terror terhadap obyek vital nasional yang bersifat strategis terhadap kegiatan penting berdampak terhadap keamanan negara. Lebih lanjut disampaikan ada enam ancaman aktual lain selain masalah terorisme. Yakni gerakan sparatis bersenjata di daerah konflik seperti di Aceh dan Papua serta kemungkinan akan munculnya kelompok-kelompok radikal lain yang dapat menurunkan stabilitas nasional; pelanggaran terhadap kedaulatan wilayah udara dan laut nasional terutama di kawasan timur Indonesia dan alur laut kepulauan Indonesia; pencurian kekayaan alam; penyelundupan berbagai komoditas di wilayah NKRI, perompakan di laut, dan unjuk rasa, pemogokan buruh, serta pertikaian antar golongan etnis. Masuknya bangsa asing melalui PBB karena masalah kemanusiaan dan HAM merupakan salah satu bentuk ancaman potensial yang dihadapi bangsa Indonesia ke depan. Hal itu, misalnya, terjadi di Papua jika persoalan keamanan tak dapat diselesaikan dengan baik. Bentuk ancaman potensial lainnya ialah masalah perbatasan dan aktivitas lintas batas, serta masuknya spionase asing dengan berbagai alasan. Selain itu yang harus diantisipasi adalah penyelundupan senjata di daerah perbatasan dan ancaman bencana alam yang sewaktu-waktu muncul tak terduga.
Ancaman militer adalah ancaman yang menggunakan kekuatanbersenjata dan terorganisasi yang dinilai mempunyai kemampuanmembahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dankeselamatan segenap bangsa. Ancaman militer dapat berupa agresi,pelanggaran wilayah, pemberontakan bersenjata, sabotase, spionase, aksi teror bersenjata, ancaman keamanan laut dan udara, serta konflik  komunal. Agresi suatu negara yang dikategorikan mengancam kedaulatannegara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa Indonesiamempunyai bentuk-bentuk mulai dari yang berskala paling besar sampaidengan yang terendah. Invasi merupakan bentuk agresi yang berskalapaling besar dengan menggunakan kekuatan militer bersenjata yangdikerahkan untuk menyerang dan menduduki wilayah Indonesia.

Invasi berlangsung secara eskalatif, mulai dari kondisi politik yang terusmemburuk, diikuti dengan persiapan-persiapan kekuatan militer darinegara yang akan melakukan invasi.
Agresi juga dapat berupa bombardemen, yakni penggunaansenjata dalam bentuk lain, blokade pelabuhan, pantai, wilayah udara atauseluruh wilayah negara, dan dapat pula berbentuk serangan bersenjatanegara lain terhadap unsur satuan darat, laut, dan udara. Keberadaanatau tindakan unsur kekuatan bersenjata asing dalam wilayah NKRI yangbertentangan dengan ketentuan atau perjanjian yang telah disepakatimerupakan salah satu bentuk agresi yang mengancam kedaulatan negaradan keselamatan bangsa. Tindakan suatu negara yang mengizinkanpenggunaan wilayahnya oleh negara lain untuk melakukan agresi atauinvasi terhadap NKRI digolongkan ke dalam ancaman agresi. Pengirimankelompok bersenjata atau tentara bayaran untuk melakukan tindakankekerasan di wilayah NKRI adalah pelanggaran kedaulatan negara yangdikategorikan sebagai bentuk agresi suatu negara.Bentuk lain dari ancaman militer yang peluang terjadinya cukuptinggi adalah tindakan pelanggaran wilayah Indonesia oleh negara lain.Konsekuensi Indonesia yang memiliki wilayah yang sangat luas dan terbukaberpotensi terjadinya pelanggaran wilayah. Ancaman militer dapat pulaterjadi dalam bentuk pemberontakan bersenjata. Pemberontakan tersebutpada dasarnya merupakan ancaman yang timbul dan dilakukan olehpihak-pihak tertentu di dalam negeri, tetapi pemberontakan bersenjatatidak jarang disokong oleh kekuatan asing, baik secara terbuka maupunsecara tertutup atau tersamar.




2 comments: